Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pada Tingkat Sekolah Dasar Negeri Dalam Pemerataan Pendidikan di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30649/psr.v3i1.121Kata Kunci:
Implementation, Policy, EducationAbstrak
The zoning system policy is a government program to achieve equitable education and to remove the public paradigm of superior schools and that all schools are superior. The purpose of this research is to analyze the implementation of the zoning system policy at the public primary school level and the factors that affect its implementation. In this research, the method used is a qualitative method with a descriptive approach. Based on the results of research on the zoning system policy at the public primary school level, the implementation of PPDB with zoning pathways in Surabaya public primary schools is in accordance with Permendikbud Number 1 of 2021. Viewed from the Edward III theory, this zoning system policy has been implemented well because of the public's understanding and the responsiveness of the parties involved in overcoming obstacles. However, there are still some people who still do not understand this zoning system policy due to uneven socialization.
Unduhan
Referensi
Administrator.2020.”Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Ahli”. https://www.smkn1perhentianraja.sch.id/read/5/pengertian-pendidikan-menurut-ahli. Diakses Kamis 13 Oktober 2022
Administrator.2020.”Pentingnya Pendidikan Sekolah Dasar”. https://labschool-un pkediri.sch.id/read/6/pentingnya-pendidikan-sekolah-dasar. Diakses Kamis 13 Oktober 2022
AG, Subarsono. 2010. Analisis Kebijakan Publik : Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung : Pustaka Setia.
Barreto, O. (2018). Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online Pada Institusi Profesi Ilmu Keguruan (Studi Kasus Icfp Timor Leste) (Doctoral Dissertation, Stmik Akakom Yogyakarta).
Berita Papua.(2022, 28 Maret).”Pendidikan Indonesia Di Mata Dunia ”.https://berita papua.id/pendidikan-indonesia-di-mata-dunia/. Diakses Senin 7 Juli 2023
Daftar rujukan ditulis sesuai dengan American Psychological Association (APA) Fifth edition. Semua sumber yang tercantum dalam daftar pustaka harus ada dalam naskah artikel. Penulisan naskah dan situasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dll.
Datuk, A., & Suhono, S. (2020). Sistem Zonasi Sebagai Solusi Bagi Orang Tua untuk Mendapatkan Pendidikan Anak yang Bermutu di Kota Kupang. Attractive: Innova tive Education Journal, 2(2), 20-33
Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Ginting, R. R., Ginting, E. V., Hasibuan, R. J., & Perangin-angin, L. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 407-416.
Gustiana. 2021. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Di Sman 6 Bone Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah: Makassar
Kemdikbud. Daftar Tanya Jawab Kebijakan Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021.https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/kebijakan-zonasi-ta hun-ajaran-20202021. Diakses pada Sabtu 23 Oktober 2022
Kompas.com.(2022, 2 Juni).” PPDB 2022 Jalur Zonasi, Seberapa Penting Jarak dari Rumah ke Sekolah?”. Diakses Sabtu 23 Oktober 2022, dari https://regional.kompas.com/read/2022/06/02/121533678/ppdb-2022-jalur-zonasi-seberapa-penting-jarak-dari-rumah-ke-sekolah?page=all.
Muammar, M. (2019). Problematika Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Dengan Sistem Zonasi Di Sekolah Dasar (Sd) Kota Mataram. El Midad, 11(1), 41-60.
Nayoga, Audy Neva. (2021, 27 Desember).”Upaya Pemerataan Pendidikan di Indonesia”.https://www.kompasiana.com/audy74366/61c93be417e4ac316049f503/upaya-pemerataan-pendidikan-di-indonesia. Diakses Senin 10 Juli 2023
PERMENDIKBUD Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan
Populix.(2022, 25 Maret).”Metode Penelitian Adalah: Jenis,, dan Contohnya”. https://info.populix.co/articles/metode-penelitian-adalah/ Diakses Sabtu 23 Oktober 2022
Febrianti, M. K. A. C., Tamrin, M. H., Musleh, M., & Abubakar, A. H. (2023). Innovative Governance in Practice: An Institutional, Actor and Society Approach. Jurnal Public Policy, 9(4), 248. https://doi.org/10.35308/jpp.v9i4.7369
Musleh, M. (2023). Tata Kelola Wisata Pulau Gili Iyang : Perspektif Community Based Tourism. Journal of Contemporary Public Administration, 3(1), 42–50. https://doi.org/10.22225/jcpa.3.1.6853.42-50
Musleh, M., Subianto, A., Tamrin, M. H., & Bustami, M. R. (2023). The Role of Institutional Design and Enabling Environmental : Collaborative Governance of a Pilgrimage Tourism , Indonesia. Journal of Local Government Issues (LOGOS), 6(1), 75–90. https://doi.org/10.22219/logos.v6i1.22218
Yesayabela, T. M., Prasetio, M. A., & Musleh, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Peningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah Kampung Pentol di Kelurahan Sidotopo , Surabaya. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 111–118. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.8475
Yesayabela, T. M., Satyas, F. R., Musleh, M., & Rianto, B. (2023). Kolaborasi Model Pentahelix dalam Pengembangan Desa Wisata Pandean Kecamatan Gondang Kabupaten Trenggalek. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 9(3), 327–346. https://doi.org/10.26618/kjap.v9i3.11736
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Public Sphere Review

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







