Efektivitas Program Layanan E-KLAMPID di Kecamatan Bulak Kota Surabaya

Penulis

  • Mirza Fatchul Haqq Universitas Hang Tuah
  • Sri Umiyati Universitas Hang Tuah

DOI:

https://doi.org/10.30649/psr.v1i2.33

Kata Kunci:

Public Service, Program Effectiveness, E-Klampid.

Abstrak

In an effort to realize an effective and efficient public service department of Population and Civil Registry Surabaya made a public service innovation that is E-klampid Program. This Program aims to facilitate the community in conducting the management of population and civil registration, people no longer need to come to the Office Dispendukcapil Surabaya, and e community can do the management independently at home this study aims to analyze the effectiveness of e-klampid program in District Bulak Surabaya. This study uses dea scriptive qualitative method with a case study approach, the existence of e-klampid can provide convenience for the community in managing population and civil registration. Sources of data used are secondary data and primary data obtained through interviews, observation and documentation. There are 5 indicators in measuring the effectiveness of the Program according to Sutrisno (2007), namely 1) Understanding The Program 2) right on target 3) On Time 4) achievement of goals 5) real change. The results showed that the effectiveness of the e-klampid Program in Bulak Sub-District of Surabaya has not been effective. There are 4 indicators that are not effective, namely understanding the Program, right on target, achieving goals, Real Change. The effective indicator is timely.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfarisi, M. Z. (2022). Cara Pendaftaran Akun Klampid Disdukcapil Surabaya. Retrieved from Zona Surabaya website:https://zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com/surabaya-raya/amp/pr-1854505206/cara-pendaftaran-akun-klampid-disdukcapil-surabaya-jangan-sampai-salah

Ardi, P. (2016). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program E-Lampid (Elektronik Lahir, Mati, Pindah, Datang). Universitas Brawijaya.

Arikunto, S. (1986). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cambpel. (1989). Riset Dalam Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Edam, N. S., Pangemanan, S., & Kairupan, J. (2018). Efektivitas Program Cerdas Command Center Sebagai Media Informasi Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik. Jurusan Ilmu Pemerintah, 1(1), 1–10.

Handayaningrat, S. (1985). Pengantar Studi Ilmu Administrasi Dan Manajeman. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Hidayat, A. A. . (2006). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Indrajit, R. (2006). Electronic Government: Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi. Jakarta: Aptikom.

Inpres. Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. , (2003).

Julia, S. (2010). Efektivitas Program Bantuan Operasional Sekolah. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kepmenpan. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. , (2003).

Merlambang, G. (2019). Efektivitas Program Dalam Online Single Submission Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung.

Moelong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, D., Afandi, Gedona, T. H., & Nur, M. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik : Konsep & Praktik Administrasi dalam Penyusunan SOP, Standar Pelayanan, Etika Pelayanan, Inovasi Untuk Kinerja Organisasi. Retrieved from //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12263

Ombudsman.go.id. (2019). Jumlah Laporan di Surabaya Tertinggi. Retrieved November 1, 2021, from Jawa Pos website: https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--jumlah-laporan-di-surabaya--tertinggi

Perwali. Peraturan Walikota Surabaya No. 5 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. , (2013).

Rahmatilah, N. A., Miranda, D., & Runiawati, N. (2021). Efektivitas Program Mal Grha Tiyasa Sebagai Model Pelayanan Publik Di Kota Bogor. JANE) Jurnal Administrasi Negara, Agustus, 13(1), 2086–1338.

Rianto, Budi, & Lestari, T. (2012). Polri & Aplikasi E-Government. In Polri & Aplikasi E-Government. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara.

Sabrina, J., Umiyati, S., Raharja, W. T (2020). Profesionalisme Aparatur Desa Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik Pemerintahan Desa (Studi Kasus Di Kantor Desa Jatinom Kabupaten Blitar). Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi. Vol. 23, No.1 Hlm 48-5

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497

Sinambela, L. P. (2008). Reformasi pelayanan publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Subarsono, Dwiyanto, A., Kumorotomo, W., Wibawa, S., Bambang, W. T., & Erwan, A. P. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Retrieved from //172.20.21.203:80/index.php?p=show_detail&id=129&keywords=

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2007). Manajemen Keuangan, Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Tami, F. D., & Putri, N. E. (2019). Efektivitas Penerapan Program E-Kelurahan Di Kelurahan Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Spirit Publik, 14, 56–58.

Diterbitkan

2022-09-16

Cara Mengutip

Haqq, M. F. . ., & Umiyati, S. . (2022). Efektivitas Program Layanan E-KLAMPID di Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Public Sphere Review, 1(2), 22–28. https://doi.org/10.30649/psr.v1i2.33

Terbitan

Bagian

Articles